Breaking News
Loading...
Monday, March 4, 2013

Manfaat Bangun Pagi Hari



 
Bangun pagi mungkin menjadi pekerjaan sulit bagi orang yang tinggal di kota besar, karena kebanyakan justru kurang tidur dan tidur larut malam. Padahal ada banyak manfaat bila Anda rajin bangun pagi. Apa saja?

Bangun pagi tidak hanya membuat Anda lebih siap dan tidak terburu-buru menghadapi hari, tetapi juga memiliki banyak manfaat kesehatan.

 

Berikut beberapa manfaat yang diperoleh oleh orang yang rajin bangun pagi, seperti dilansir boldsky, Selasa (2/10/2012):

1. Olahraga pagi
Ketika Anda bangun pagi, Anda akan punya waktu lebih untuk berolahraga dan mengeluarkan keringat di pagi hari. Pagi adalah waktu terbaik untuk olahraga karena tubuh lebih segar dan otot-otot telah diberikan waktu untuk beristirahat selama tidur.

Pagi juga merupakan waktu terbaik untuk mendapatkan adrenalin, yang keluar saat olahraga, sehingga Anda merasa energik sepanjang hari.

2. Sarapan
Kebanyakan pekerja kerap melewatkan sarapan bukan karena terlalu 'sibuk' untuk sarapan, tapi karena tidak bangun cukup pagi. Anda perlu bangun lebih pagi agar punya waktu lebih untuk sarapan dan menyiapkan kebutuhan sehat di pagi hari. Sarapan adalah makan yang paling penting sepanjang hari.

3. Katakan 'tidak' untuk stres
Hormon stres bisa menyebabkan berbagai penyakit kronis dan juga melemahkan sistem saraf. Jika Anda bangun lebih pagi, Anda akan dapat mengelola waktu sedemikian rupa sehingga dapat meminimalkan stres.

4. Suasana hati selalu baik
Orang yang bangun pagi cenderung lebih kecil mengalami perubahan suasana hati di pagi hari atau yang disebut 'early morning blues'. Bangun pagi akan membuat Anda selalu berada dalam suasana hati yang baik. Hal ini tentu akan membantu meningkatkan produktivitas kerja.


http://health.detik.com/read/2012/10/02/071212/2051180/766/ini-manfaatnya-bila-rajin-bangun-pagi

 Namun ini artikel lain yang diambil dari http://www.bisnis-jabar.com/index.php/berita/10-manfaat-bangun-pagi Artikel ini lebih kepada manfaat dalam kehidupan sehari-hari..

Mengasah pikiran dan hati
Pagi hari merupakan waktu yang baik untuk pengembangan diri, misalnya, untuk membaca buku atau memulai suatu hobi seperti menulis. Suasana yang masih tenang akan menjadi anugerah yang bisa Anda gunakan untuk mengembangkan diri secara profesional, emosional, fisik, mental, dan spiritual.
Menggunakan waktu untuk berpikir
Pakar keuangan James Citrin pernah mengatakan, “Heningnya pagi seringkali terjadi ketika pikiran kita sedang jernih, dan memungkinkan untuk memecahkan persoalan penting.” Artikelnya yang berjudul  Tapping the Power of Your Morning Routine, akan memberikan wawasan pada Anda betapa berharganya waktu pagi. Dalam artikel tersebut Jim juga melaporkan bahwa 80% pejabat perusahaan yang diwawancaranya bangun pukul 05.30 atau lebih pagi.
Melakukan meditasi
Meditasi menyebabkan keseimbangan emosional dan kesejahteraan diri. Jika Anda mengawali hari dengan bermeditasi, Anda akan membawa keseimbangan dalam hidup Anda sepanjang hari, dan memerbaiki kualitas hidup Anda. Pagi menjadi waktu yang lebih baik untuk meditasi karena pikiran Anda masih segar, rileks, dan otak masih tajam.
Membereskan hal-hal kecil
Bereskan hal-hal kecil yang harus Anda lakukan lebih dulu untuk menyelesaikan tugas yang lebih besar pada hari itu. Misalnya, balas dulu email-email yang belum dibuka di inbox, supaya tidak menyita perhatian Anda. Anda pun memunyai waktu untuk membereskan rumah sebelum pergi bekerja.
Berolahraga
Tidur lebih awal, membuat Anda mampu bangun pagi dengan bugar. Waktu yang masih ada bisa Anda gunakan untuk berolahraga, entah di rumah atau di gym dekat kantor.
Memeroleh kalsium dan vitamin D untuk tulang
Bangun pagi juga memberi kesempatan bagi tubuh untuk menerima paparan sinar matahari yang penting untuk tulang. Berjemur dibawah paparan sinar mentari pagi sebelum pukul 09.00 dianggap baik guna memenuhi kecukupan kalsium dan vitamin D dalam tubuh.
Meningkatkan produktivitas
Jika mengawali hari lebih awal, Anda akan membuat waktu terasa lebih panjang. Dengan demikian, Anda bisa melakukan lebih banyak pekerjaan dalam satu hari. Jika pekerjaan menumpuk untuk esok hari, tidurlah lebih awal dan bangun lebih pagi, maka Anda bisa menyelesaikannya dengan lebih cepat.
Membuat anda berbahagia
Peneliti dari Roehampton University di Inggris juga menyimpulkan kalau bangun pagi membuat tubuh lebih sehat, mood yang baik, dan membuat orang memiliki indeks massa tubuh ideal. “Mereka yang bangun pagi cenderung lebih sehat dan lebih bahagia,” ungkap peneliti Dr Joerg Huber, yang dikutip melalui medicmagic.net.
Mendahului kemacetan
Warga Bandung atau kota besar lain di Indonesia setiap pagi kerap bertemu dengan kemacetan. Untuk menghindari hal tersebut, Anda bisa berangkat ke kantor lebih pagi. Dengan tiba di kantor lebih awal, Anda bisa menggunakan waktu yang masih ada untuk melakukan berbagai hal, entah itu membaca, olahraga, merencanakan kegiatan dalam sehari, dan lain sebagainya.

Tidur lebih berkualitas
Seperti diketahui dengan tidur yang cukup mampu mengurangi berbagai efek negatif pada tubuh, seperti penuaan dini atau kerutan pada wajah. Dengan bangun pagi, irama pada tubuh akan menjadi stabil. Kondisi ini secara tidak langsung akan memperbaiki kualitas tidur Anda setiap hari

0 komentar :

Post a Comment

Followers

Back To Top